Selasa, 03 November 2009

Honda Mengenal keluarga Supra 125 series. By hendrik Kleden




Bebek ”Rasa” Balap, Eyes Catching, Stylish, dan Sporty ====sub jadul

Tahun 2006 bisa dikatakan tahunnya motor bebek rasa balap. Pasalnya, hampir semua produsen roda dua mengeluarkan produk bebek berkapasitas 125cc ke atas dengan penampilan racing.
Sebagai pemimpin pasar roda dua saat itu, dan hingga sekarang, PT Astra Honda Motor (AHM) pun mengeluarkan senjata di jenis ini, yakni Supra X 125 Racing.
Mengulang kejayaannya, dua tahun kemudian tepatnya, 8 September 2008 Honda menyegarkan tampilan dan performa produknya itu, dengan merilis New Supra X 125 (lebih dikenal dengan sebutan Supra X 125 Series). Hebatnya, bukan satu varian tetapi tiga sekaligus. Yakni, Supra X PGM-FI 125 R, Supra X 125 R, dan Supra X 125D.
Sebagai produk change of minor, tampilan Supra X 125 Series memang eyes catching (nyaman dilihat,-red) stylist dan sporty selaras dengan jiwa muda pengendaranya. Fitur-fitur yang mengalami perubahan terlihat pada sistem pencahayaan multireflektor dengan double bulb (balon ganda). Lampu sein depan dan lampu senja menyatu dengan desain bodi, terlihat lebih ramping dibandingkan model lama. hen/adv


Foto: Supra X PGM-FI 125 R the power of future
Honda Supra X PGM –FI 125R
PENAMPILAN luar sangat mengoda. Begitulah yang bisa dikatakan tentang kuda besi Honda bersemboyan the power of future ini. Mulai dari sektor depan, body samping kiri kanan, belakang hingga undercarriage (kaki-kaki) dibuat sporty dan keren.
front winker (lampu sein depan) layaknya mobil mewah Eropa aman dan mudah dilihat pengendara lain. Sebagai penerangan, headlamp (lampu utama) mengadopsi sporty visor. Selain tampil keren, trendy dan bergaya moge, jangkauan cahaya pun lebih luas, sangat nyaman dipakai di malam hari.
Sisa gas buang tersalurkan melalui corong knalpot racing dengan model layaknya motor balap. Alhasil, makin menunjang tampilan sepeda motor yang makin sporti, apalagi ditambah dengan pemakain disk brake pada rem belakang, membuat pengereman lebih baik dan nyaman.
Sesuai dengan namanya, keunggulan yang ditawarkan motor ini yakni mesin menggunakan sistem injeksi.
Honda Supra X PGM-FI 125R merupakan sepeda motor bebek pertama injeksi di Indonesia. Mesin fuel injection 125cc, SOHC berpendingin udara, terbukti tangguh, bandel, responsif, dan ramah lingkungan.
Ada 3 sistem yang sangat menonjol dan berpengaruh ketika teknologi PGM-FI yakni:
1.Sistem Bahan Bakar: fuel pump akan bertugas mengalirkan bensin dari tangki hingga injektor dengan sempurna.
2.Sistem Induksi Udara: jumlah udara yang dihisap masuk ke dalam silinder melewati sensor bisa diukur kevakuman sebagai patokan jumlah bensin yang akan diinjeksikan.
3.Sistem PGM-FI memberikan kelebihan, yaitu mengurangi emisi gas buang, lebih hemat dalam pemakaian BBM, memberikan tarikan motor lebih responsif, mesin dengan mudah dihidupkan pada kondisi apapun (cuaca dingin pegunungan sekalipun), tidak terpengaruh pada ketinggian suatu daerah (pegunungan), dan memberikan kemudahan dalam perawatan secara berkala.
Honda Supra X PGM-FI 125R tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu prestigious black, luxurious brown, gorgeous blue, dan glamorous red dengan harga Rp 16.560 ribu. Hen/adv


Honda Supra X 125R
SECARA spesifikasi, baik segi dimensi, rangka, kapasitas, hingga kelistrikan, Honda Supra X 125R hampir sama dengan PGM-FI 125R. Bedanya pada sistem kerja mesin.
Mesin Honda Supra X 125R bertipe mesin 4 langkah SOHC pendingin udara. Bahan bakar menggunakan sistem karburator, dengan daya maksimum 9,3PS/7.500rpm serta torsi maksimum 103kgf.m/4.000 rpm. Mesin terbukti bandel, tangguh dan irit menjadikan Honda Supra X 125R unggul di kelasnya.
Secara penampilan, sesuai dengan tema yang disandang racing spirit, Supra X 125R dihadirkan dengan desain dan gaya yang benar-benar menjiwai racing, mengunakan panel instrumen elektronik modern.
Bukan hanya penampilan, dengan dimensi panjang X lebar X tinggi 1.889 X 702 X1.094mm, serta jarak sumbu roda 1242, Supra X 125R sangat cocok bermanuver di jalanan padat, lincah dan aman.
Sama seperti saudaranya PGM-FI 125R, pada fitur perlengkapan, motor ini dilengkapi dengan rem cakram pada roda belakang ( tipe casting wheel) yang menambah stabilitas pengereman dan utility box (bagasi) yang berkapasitas 5,3 liter yang cukup luas.
Keunggulan yang ditawarkan besutan ini yakni pada new racing striping dan new fairing striping. Striping lebih modern dan stylish serasi dengan karakter racing, selain itu sangat atraktif, cocok untuk jiwa muda.
Honda Supra X 125R tersedia dalam lima warna, yakni phantom black, speedstar white, lightning silver, laser red, dan dash yellow dengan bandrol hargaRp15.420ribu. hen/adv


Honda Supra X 125D
DIBANDINGKAN dengan dua saudaranya, Honda Supra X 125 D paling laris diburu konsumen. Hal ini wajar, karena harganya lebih ekonomis.
Tapi bukan hanya sekadar ekonomis, faktor lain yang mendorong besutan ini laku di pasaran dikarenakan kemampuan dalam berakselerasi tak kalah liar dengan motor kompetitor lain yang cc-nya lebih besar.
Mengusung tema X-treme Sporty, Honda Supra X 125D hadir atraktif. Secara dimensi ukuran, dan performa mesin, kuda besi ini hampir sama dengan Supra X 125R. Rangka bertipe tulang punggung dengan kapasitas bahan bakar 3,7 liter, serta minyak pelumas mesin 0,7 liter pada penggantian periodik. Mesin terbukti bandel, tangguh dan irit. Penggunaan sistem magnetik pada mesin menjadikan tarikan makin halus dan kencang.
Bedanya pada sektor kaki-kaki. Supra X125D menggunakan spoke wheel (pelek jari-jari ) serta rem belakang tromol, sedangkan Supra X125 R menggunakan casting wheel (pelek racing) dan cakram belakang,
Keunggulan yang ditawarkan motor ini yakni pada extreme sporty striping. Striping tampil lebih sporty dengan garis dan warna dinamis.
Honda Supra X 125D tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu invincible black, ultimate white, ultra red, infinite yellow dengan bandrol harga Rp14.420ribu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar