Sabtu, 11 September 2010

Honda New Mega Pro Jelajah Bali


Judul Honda New Mega Pro Jelajah Bali 2010
MENGUJI ketangguhan produk baru New Mega Pro, PT Astra Motor Denpasar, Main dealer Honda Bali selama tiga hari, Jumat-Minggu (20-22/8) menggelar Honda New Mega Pro Jelajah Bali (HNMPJB) 2010. Peserta berasal dari 6 wakil anggota komunitas klub roda dua Bali, 8 perwakilan media, baik nasional maupun Berikut kisahnya
-------------------------------------LEAD-------------------------------------------------------
Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebelum memulai perjalanan kami (peserta) terlebih dahulu melakukan pemanasan untuk meregangkan otot-otot. Sepele tapi sangat berguna. Inilah salah satu program safety riding yang sangat dikedepankan Astra Motor Denpasar.
Di bawah arahan instruktur safety riding Astra Motor Denpasar yang juga merupakan juara II Safety Riding Nasional Honda 2010, Putu Janwar, peserta tampak sangat serius melakukan pemanasan. Kurang lebih setengah jam, kami dipersilakan mencoba New Mega Pro, untuk adaptasi.
Meski masih menggunakan platform Mega Pro, penampilan New Mega Pro sangat modern jauh dengan pendahulunya. New Mega Pro mengedepankan pembaharuan fitur-fitur konvensional yang ada.Modelnya mengoda, penampilannya modern, gagah dan lebih sporty.Lampu depan modern dilengkapi dengan cowl, clear lens, multirelfector. Bandingkan dengan pendahulunya yang menggunakan model lampu konvensional (bulat). Honda New Mega .Panel indikator, (panel meter menggunakan analog tachometer dan speedometer digital). Efisiensi jarak pandang terbilang aman saat mengendarai. Ini membantu agar pengendara cepat dan tanggap membaca situasi saat di atas motor.
Ditandai pengibaran bendera start oleh jajaran Petinggi Astra Motor Denpasar, Andi Modus V, pukul 10.30 Wita peserta dilepas. Start awal berjalan sempurna. Cukup memelintir gas sedikit saja motor langsung meluncur mulus melewati By Pass Gatot Subroto. Walaupun berat kosong motor 136 kg tidak menjadi masalah, besutan ini sangat mudah dikendalikan.
Memasuki daerah Kesiman, rombongan diguyur hujan. Kesempatan ini diam-diam digunakan melakukan rem mendadak untuk uji rem.Hasilnya, walapun permukaan aspal basah, daya cengkram rem depan cakram piston ganda, serta belakang cakram piston tunggal sangat menggigit.
Pukul 11.15Wita rombongan tiba di restoran The Pound Ubud. Setelah menikmati bebek goreng, perjalanan dilanjutkan menuju Gianyar, melewati Monkey Forest. Padatnya jalanan siang itu tidak menjadi hambatan. Ini karena kopling 1 liter pada penggantian periodik sangat ringan dan responsif. Akselerasi putaran bawah sangat galak melibas lalu lintas jalan padat
Memasuki wilayah Klungkung, udara panas menyapa peserta HNMPJB. Tetapi karena sudah dibekali jaket dan sarung tangan, perjalanan tetap enjoy.. Lepas sesi pemotretan perjalanan dilanjutkan menuju Karangasem.
Sebelum memasuki wilayah Karangasem, Persis di ujung by pass Klungkung (perbatasan Klungkung- Karangasem) peserta dilepas satu persatu untuk uji top speed. Pada jarak kurang lebih 200 meter saat running pertama, top speed yang diperoleh MotoREV pada 104 km/jam. Running kedua naik ke angka 121 km/jam, bahkan top speed peserta lain ada yang mencapai angka 125 km/jam. dengan volume langkah 57,3 x 57,8 mm dan perbandingan kompresi 149,2 cc dengan daya maksimum 9,5:1, menjadikan tarikan awal hingga top speed responsif.
ETAPE 2
Istirahat etape pertama di Hotel Fajar, kelalahan dan rasa capek sama sekali tidak dirasakan peserta HNMPJB, lantaran desain setang dan jok sadel nyaman. Keesokan paginya, Sabtu (21/1) rombongan meneruskan perjalanan menyelesaikan etape kedua Karangsem-Singaraja, dengan rute Taman Ujung-Amed-Singaraja.
Tepat pukul 07.15 Wita rombongan memulai start etape kedua..
Tantangan pun kemudian menghampar di depan para peserta. Jalan Taman Ujung –Amed yang berkelok ditambah rintik-rintik hujan, menambah ketegangan para peserta. Toh begitu tidak menjadi persoalan diterabas New Mega Pro. Saat membelok motor tetap stabil lantaran dukungan sasis motor tipe diamond steel Prima. Di tikungan patah maupun tikungan melebar, suspensi motor sangat pas (tidak begitu lembut, dan keras). “
Kurang lebih dua jam beristirahat untuk makan siang di Amed, pukul 13.30 Wita perjalanan dilanjutkan menuju Singaraja. Kali ini tantangan lebih berat. Peserta tidak hanya menghadapi tikungan, tetapi juga permukaan jalan yang tidak rata, bergelombang dan rusak (penuh lobang karena sedang ada proyek perbaikan). Alam yang gersang serta udara panas benar-benar membosankan, namun lagi-lagi dukungan suspensi muka-belakang yang baik, serta kemampuan ban di kedua roda yang bekerja maksimal (ban depan ukuran 80/100-17M/C dan ban belakang berdiameter 100/ 80-17M/C55P), membuat perjalanan tetap aman.
Tepat pukul 14.00 Wita, tim tiba di Kota Singaraja. Sebelum beristirahat di Hotel Singaraja Indah, mampir di pelabuhan Singarja untuk show promotion. Decak kagum terdengar dari beberapa warga Singaraja. “Montor ape ne, mantap sajan nok (motor apa ini bagus sekali.red,” ungkap sebagian dari mereka.
ETAPE 3
Start etape ketiga Pukul 08.00 Wita, Sebelum meninggalkan, gumi Panas, Singaraja, rombangan terlebih dahulu mampir ke Monumen Perjuangan Tri Yudha Sakti.Usai foto bersama, perjalanan pun dilanjutkan lagi Tantangan awal etape ketiga terhampar didepan. Ada kecemasan sesaat, maklumlah jalur Singaraja-Denpasar terkenal dengan tanjakan tajam dan turunan dengan kelokan-kelokan yang menukik tajam.
Tanjakan langsung menghadang begitu keluar dari kota Singaraja, memasuki daerah Git-git timbul keisengan menguji kemampuan akselerasi putaran atas mesin, hasilnya luar biasa, meski kontur jalan mendaki,dalam kecepatan 60kpj, New Mega Pro melaju mulus. Artinya mesin baru New MegaPro dengan Throttle Position Sensor +CDI with 12 Ignition Mapping, mampu meningkatkan ketepatan respon mesin terhadap putaran throttle dan membuat pembakaran lebih sempurna, sehingga tenaga sangat maksimal. Kurang lebih 45 menit menempuh perjalanan, rombongan tiba di Bedugul
Di lokasi ini rombongan beristirahat sejenak untuk santap siang. Setelah puas melahap ayam goreng ala rumah makan ayam Taliwang Asidiq, Bedugul, perjalanan pun dilanjutkan lagi menuju Denpasar.Kalaupun pada ruas jalanSingaraja- Bedugul medan yang dihadapai penuh dengan jalan tanjakan, kali ini justru turunan. Rasa kantuk dan jenuh mulai menyerang, untuk menghilangkan itu, kesempatan ini digunakan MotoREV kembali uji rem. Hasilnya lagi-lagi membuktikan daya cengkraman rem depan cakram piston ganda, serta belakang cakram piston tunggal sangat menggigit
Tiba di Denpasar pukul 15.00 Wita. Padatnya jalanan di kota Denpasar, siang menjelang sore kala itu tidak menjadi hambatan. Handling benar-benar prima, kendati beberapa kali berhenti sejenak , saat memulai perjalanan lagi, tarikan awal sangat ringan. Ini karena kopling 1 liter pada penggantian periodik sangat ringan dan responsif.Fakta kembali membuktikan Mesin baru New MegaPro dengan Throttle Position Sensor + CDI with 12 Ignition Mapping tidak saja bertenaga dalam tanjakan tetapi juga bermanfaat untuk stop &go dalam kepadatan lalu lintas. Setelah terlebih dahulu mampir ke Gor Ngurah Rai untuk menyaksikan Honda Oto Contest, rombongan pun kembali ke Showroom Astra Motor Denpasar untuk Finish.
Untuk diketahui total jarak yang ditempuh HNMPJB 2010 sepanjang 310 – 320 km. Saat start, tangki BBM penuh 13 liter, sementara waktu finish masih setengah, ( 6-7 liter).Ambil saja yang perbandingan BBM yang paling boros, 7 liter. Pada jarak 310Km konsumsi 1 liter bensin New Mega Pro sanggup menempuh : 44,28 Km. ataupun juga yang paling irit, 6 liter. Pada jarak 320 Km , I liter BBM New Mega Pro sanggup menempuh jarak 53,33 Km. Artinya disini Honda New Mega Pro benar-benar sangat irit untuk kuran motor jenis Sport.

1 komentar:

  1. MANTAF....ni lah indahnya brotherhood di bali...wah HMPCI chapter BAli ntar lagi nambah anggota ni...hahahahahah

    BalasHapus