Jumat, 26 Maret 2010

PENJUALAN MOTOR FEBRUARI BALI


Ekonomi Stabil, Penjualan Sepeda Motor Naik

Tahun 2010 menjadi masa yang cerah bagi penjualan sepeda motor di Bali. Pasalnya penjualan sepeda motor semua produsen di Bali meningkat. Jika pada bulan pertama (Januari) 2010 keseluruhan penjualan sepeda motor sebanyak 15.814 unit, maka pada Februari meningkat menjadi 29.740 unit.
Honda masih yang tertinggi memimpin penjualan sepeda motor Honda pada bulan Februari yakni sebanyak 15.233 market share 51,2 persen. Jumlah ini meningkat dari penjualan pada Januari 2010 yakni 8.051 unit market share 42,5 persen
Posisi kedua ditempati Yamaha. Penjualan motor produsen berlambang garputala ini, pada Februari sebanyak 12.407 unit, market share 41,7 persen, meningkat dari penjualan di bulan Januari 6.733 unit market share 42,5 persen.
Suzuki menempati posisi ketiga. Pada bulan Februari, total penjualan Suzuki sebanyak 1.799 market share market share 6.0 persen. Naik dari penjualan pada Januari sebanyak 874 unit market share 5,5 persen
Sementara itu Kawasaki menempati posisi ke empat. Pada Februari total penjualan Kawasaki sebanyak 118 unit market share 0,4 persen, naik dari penjualan Januari 77 unit market share 0,3 persen.
Meningkatnya penjualan sepeda motor pada bulan Februari tidak semata didominasi motor Jepang, tapi juga motor Taiwan, Cina dan India. Penjualan Kymco pada Februari sebanyak 7 unit, sementara produk lain (Tajima, Bajaj, Minerva, Kaiser) 180 unit market share 0,6 persen, meningkat dari penjualan di bulan Januari 98 unit.
Darmawan Tjondodiharjo (Regional Head Astra Honda Bali), Cahaya Wirawan Hadi (Dirut PT CSBI), Ayung (Promosi YMKI Bali), Joko Prihardian (Sales Supervisior PT Triduta Intika) sepakat naiknya penjualan sepeda motor dikarenakan faktor stabilnya ekonomi Bali serta dukungan lembaga finance yang memberi kemudahan untuk konsumen. “Selain faktor ekonomi dan finance, alasan lain meningkatnya penjualan Honda karena saat ini Honda didukung dengan produk baru 2010,” kata Darmawan.
Ayung dan Wirawan Hadi menuturkan larisnya penjualan Yamaha dan Suzuki pada bulan Februari dikarenakan gencarnya promosi yang diadakan. “Sosialisasi produk dengan menggelar promosi gencar-gencaran baik langsung terjun di lapangan maupun lewat iklan di koran menjadikan penjualan Suzuki meningkat,” terang Wirawan hadi.
Joko Prihadian mengungkapkan, tingginya penjualan Kawasaki, karena saat ini konsumen Bali sudah mengerti betul keunggulan produk Kawasaki. Sebagai gambaran dicontokannya penjualan Kawasaki KLX 150cc. Jika pada awal kehadiran di Bali peminatnya sedikit, menginjak awal Februari mulai banyak, bahkan menjadi backbone penjualan Kawasaki di Bali saat ini, mengantikan dominasi penjualan Ninja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar